Translate

Sunday 12 February 2017

MENGENAL SATELIT TELKOM 3S SATELIT TERCANGGIH MILIK PT TELKOM YANG AKAN DILUNCURKAN 15 FEBRUARI 2017 MENDATANG

Mengenal Fungsi dan Kecanggihan Satelit Telkom 3s, Satelit Pengganti Telkom 3 yang "Hilang' Akan Di Luncurkan Pada 15 Februari 2017 Mendatang.

Telkom-3S adalah satelit komunikasi geostasioner milik Indonesia. Satelit Geostasioner adalah Satelit buatan yang ditempatkan pada posisi diatas equator dan bergerak mengelilingi bumi dengan lintasan berbentuk lingkaran yang memiliki sumbu rotasi sama dengan bumi. Telkom-3S merupakan setelit pengganti satelit Telkom-3 yang gagal mencapai orbit di 118° bujur timur pada pertengahan tahun 2012. Setelit Telkom-3S merupakan satelit keempat milik Telkom setelah Telkom-1, Telkom-2, dan Telkom-3.
Telkom-3S akan dilengkapi dengan 24 transponder C-band, 8 sambungan transponder C-band, dan 10 transponder Ku-band. Transponder C-band akan mencakup wilayah Indonesia dan Asia Tenggara, transponder sambungan C-band akan mencakup Indonesia dan Malaysia. Sedangkan muatan Ku-band dikhususkan hanya untuk cakupan wilayah Indonesia. Telkom-3S memiliki berat sekitar 3.500 kilogram dan memiliki masa aktif selama 15 tahun. Pembuatan satelit Telkom-3S dikhuskan untuk melayani siaran televisi kualitas tinggi (High-Definition Television) dan layanan komunikasi GSM dan Internet. 

PELUNCURAN.

Tak gampang meluncurkan sebuah satelit. Secanggih apa pun benda tersebut, jika cuaca tak sesuai dengan harapan, peluncuran bisa dibatalkan. Ini juga yang akan terjadi pada satelit Telkom 3S milik PT Telkom buatan Thales Alenia Space, Prancis, yang akan diluncurkan pada Rabu, 14 Februari 2017, dari Guyana, Amerika Selatan, atau 15 Februari WIB.

“Kecepatan angin yang sudah ditentukan itu akan mempengaruhi ketepatan roket mencapai orbitnya. Karena itu, cuaca merupakan hal vital juga,” kata Angga Risnando, engineering Telkom yang selama 18 bulan belajar satelit di Thales Alenia Space (TAS) Prancis di Cannes, Prancis, Sabtu, 11 Februari. Kecepatan angin, menurut Angga, tak boleh 9 meter per detik.

Satelit Telkom, yang total bobotnya sekitar 3 ton, akan mengorbit pada ketinggian 36 ribu kilometer pada 118 derajat bujur timur, yang jika ditarik garis lurus ke atas berada di atas Pulau Kalimantan. “Satelit ini akan menjangkau seluruh wilayah Indonesia sama baiknya,” kata Arief Prabowo.

Telkom 3S merupakan satelit milik PT Telkom ketiga. Satelit 1 dan 2 buatan pabrikan satelit Amerika. “Thales Alenia Space terpilih dari sejumlah pabrikan satelit yang mengajukan diri ke Telkom,” ujar Arief. Nilai satelit sekitar Rp 3 triliun.

Untuk meluncurkan Telkom 3S, Telkom menggunakan jasa Ariane Space yang juga merupakan perusahaan Prancis. Ariane pula yang tahun lalu meluncurkan satelit BRIsat milik Bank Rakyat Indoenesia. Peluncuran BRIsat juga sempat tertunda karena beberapa faktor.

Sama seperti BRIsat, peluncuran Telkom 3S akan diluncurkan dari Guyana, sebuah negeri bekas jajahan Prancis yang terletak di Amerika Selatan. Titik peluncuran dilakukan di daerah Kourou dan titik terdekat untuk mereka yang akan mengabadikan peluncuran terletak sekitar 5 kilometer dari Kourou. Karena itu, dibutuhkan teleskop dengan ukuran dan kapasitas tertentu untuk mengabadikan peluncuran satelit berbobot sekitar 3 ton tersebut. (bisnis.tempo.co)


FUNGSI.

Sasaran program Telkom ini yakni daerah 3T (terdepan, terpencil dan tertinggal). Daerah itu antara lain Provinsi Aceh, NTT, Sulawesi Utara, dan Provinsi Papua.

"Sekarang zamannya digital. Daerah 3T belum tercover internet dengan akses tertinggi," ujar Vice President Corporate Communication PT Telkom Arif Prabowo, dalam perbincangan dengan detikcom, Kamis (9/2/2017). Arif saat ini dalam perjalanan ke Guyana Prancis.

Menurut Arif, karena daerah tertinggal itu, Telkom akan memperluas jangkauan hingga pelosok-pelosok. Nah untuk pendidikan, sistem pendidikan di Indonesia berbasis (information communication technology (ICT). Karena itu dengan peluncuran satelit Telkom 3S akan meningkatkan pendidikan masyarakat desa pelosok.

Untuk kesejahteraan masyarakat daerah 3T, dengan adanya satelit Telkom 3S maka dipastikan kesejahteraan meningkat. Kesejahteraan perekonomian meningkat dengan membuka akses internet.

"Hal ini sejalan dengan survei Bank Dunia tahun 2015 yakni pertumbuhan 10 persen akses internet, dapat meningkatkan perekonomian 1,3 persen," kata Arif.

Satelit Telkom 3S akan diluncurkan pada 15 Februari 2017 pukul 04.39 WIB di Guiana Space Center, Kourou, Guyana Prancis, Amerika Selatan. Telkom 3S akan membawa 49 transponder ke slot orbit 118 derajat Bujur Timur (BT).

Jumlah yang dibawa satelit Telkom 3S tersebut lebih banyak dibanding satelit Telkom 1 yang membawa 36 transponder dan satelit Telkom 2 dengan 24 transponder. Slot orbit 118 derajat BT pada Telkom 3S tersebut sebelumnya ditempati oleh satelit Telkom 2. Kemudian, satelit Telkom sebelumnya yakni Telkom 2 yang masih aktif hingga 2022 akan dialihkan ke slot orbit 157 derajat BT.

Satelit Telkom 3S mengudara ke ruang hampa dari pangkalan peluncuran di Kourou, Guyana Prancis. Titik orbit satelit Telkom 3S diperkirakan sampai 10-15 hari. (detik.com)


SPESIFIKASI.

Untuk spesifikasi satelit telkom 3 ini yang di lansir dari spacenews membubuhkan bahwa akan ada 24 Transponder C Band dan 10 Ku Band dengan posisi di 118 derajad bujur timur, atau bisa di bilang satu posisi dengan satelit Telkom 2.
Untuk membuat satelit Telkom 3S ini, PT telkom harus mengeluarkan uang sekitar $250 juta dengan mengambil dari kas internal dan pinjaman. Untuk pembuatan satelit Telkom 3S ini lebih banyak di banding Telkom 3 yang kisaran $185 juta.
Kita sebagai pengguna satelit mesti menunggu dan semoga banyak membantu untuk kita yang ada di Indonesia. Semoga semakin banyak TV FTA yang bisa kita saksikan dan mendidik.

No comments:

Post a Comment