Translate

Saturday 31 December 2016

TEMPAT ASYIK MERAYAKAN PERGANTIAN TAHUN DI SOLORAYA

DAFTAR TEMPAT SERU UNTUK MERAYAKAN MALAM PERGANTIAN TAHUN DI SOLORAYA, SIMAK BEBERAPA INFORMASI INI SEBELUM BERKUNJUNG..

Blog ini merupakan blog terakhir saya di tahun 2016 atau blog yang ke 61 selama tahun 2016, perayaan pergantian tahun memang selalu ditunggu-tunggu oleh banyak orang, bagaimana tidak karena pergantian tahun hanya terjadi sekali setiap tahun, ya itu memang pasti ya.. Hahaha.. Ok sekarang buat sobat yang berencana merayakan pergantian tahun di area SoloRaya atau di wilayah Kota Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen , dan Klaten. Saya memiliki beberapa referensi menarik untuk merayakan pergantian tahun di area SoloRaya bagi sobat yang akan merayakannya di SoloRaya:

1. CAR FREE NIGHT KOTA SOLO 

Car Free Night (CFN) malam pergantian tahun akan berlangsung di Solo.Informasi Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas, Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi (Dishubkominfo) Solo, Sri Baskoro, saat ditemui TribunSolo.com di kantornya, Minggu (25/12/2016) siang, acara akan berlangsung di Jalan Slamet Riyadi.
"Malam bebas kendaraan berlangsung di Jl Slamet Riyadi seperti CFN tahun-tahun senelumnya," paparnya. Adapun penutupan jalan berlangsung pada Sabtu (31/12/2016) pukul 20.00 WIB. 
Jalan Slamet Riyadi yang ditutup mulai dari simpang empat Sala View Hotel hingga Gladak.Akan ada empat panggung hiburan di sepanjang Jl Slamet Riyadi.Tidak seperti CFN tahun sebelumnya, lanjut Baskoro, tidak akan ada pembukaan akses jalan di Ngapeman dan Gendengan. 
Sementara itu, diprediksi 25 ribu warga akan memadati CFN."Sekitar 125 personil Dishub Kominfo Solo akan diturunkan mengamankan setiap penggalan jalan yang juga digunakan untuk kantung parkir," kata Baskoro.Pembukaan jalan akan berlangsung tepat pukul 00.00 WIB pada Minggu (1/1/2017).
2. VIBR4NT FOR NEW YEAR HARTONO LIFE STYLE MALL SOLO BARU, SUKOHARJO.

Menyambut tahun baru,Hartono Mall Solo Baru, Sukoharjo akan menggelar event “Vibr4nt for New Year”Kegiatan “Vibr4nt for New Year” akan digelarb 31 Desember 2016.“Vibr4nt for New Year” akan dimulai pada pukul19.00 WIB berlanjut sampai moment pergantian tahun baru 2017.Menurut rilis yang diterima Tribunsolo.com, kegiatan ini akan digelar di VIP Parking Hartono Mall
Acara ini sekaligus di gelar sebagai perayaan ulang tahun Hartono Mall Solo yang ke empat.Vibr4nt for New Year akan dimeriahkan oleh beberapa pertunjukan seperti RNR Band, Andre SHS (Solo Hip Hop Studia), Spider-G , B-Band40.
Selain itu akan ada DJ Performance yaitu NEOVLTN dan EIRAdari VORTEX.Acara ini juga dimeriahkan olehpenampilan K.Pop Dance Cover dan aksi para drummer dari sekolah music Hammer Drum Studio.Acara akan dipandu oleh ASIA (grup dari kontes API) sebagai MC acara.Di puncak acara, suasana akan disemarakkan dengan hujan salju buatan yang akan mengguyur area VIP Parkir, Hartono Mall Solo.Tepat saat pergantian tahun akan ada Firework Party yang akan menghiasi langit Hartono Mall
3. TRADITIONAL PERFOMANCE ART HARTONO TRADE CENTER SOLO BARU, SUKOHARJO 

Dalam rangka menyambut tahun baru 2027, Hartono Trade Center (HTC) akan menyelenggarakan “Traditional Art Performance”.Dalam rilis yang diterima Tribunsolo.com, Kamis (29/12/2016), kegiatan ini akan diadakan di lobby tengah Hartono Trade Center. Acara diadakan tanggal 31 Desember pada pukul 19.00 WIB hingga jam pergantian tahun baru 2017.Kegiatan ini akan dimeriahkan oleh beberapa seni daerah khususnya Jawa Tengah.
Seperti Karawitan Anak, dan prosesi Kirab Tumpeng sego kuning.Acara akan dibuka dengan tari pembukaan, sambutan, pemotongan tumpeng dan penyerahan wayang sebagai simbolik penyerahan kepada yang punya acara agar acara dapat berjalan dengan lancar sampai selesai.Selanjurnya akan diadakan acara wayangan dan juga tari-tarian sampai jam pergantian tahun baru 2017.
 Dengan diadakannya acara ini, Hartono Trade Center berharap dapat memberikan sebuah hiburan masyarakat saat menunggu pergantian Tahun Baru.Selain itu Hartono Trade Center juga ingin melestarikan dan mendekatkan budaya yang saat ini mulai luntur di masyarakat, terutama di daerah Solo dan sekitarnya melalui pertunjukan seni tradisional ini.Hartono Trade Center terletak di Jl. Ir. Soekarno, Grogol, Madegondo, Kabupaten Sukoharjo
4. BERKUNJUNG KE LEGOLAND DAN NEW YEAR PARTY BACK TO THE '90 DI THE PARK MALL SOLO BARU, SUKOHARJO..
Menyambut libur natal dan tahun Baru, The Park Mall Solo Baru bekerjasama dengan Metro Departement Store dan ILG menghadirkan wahana permainan bertajuk “ Build Your Lego Christmas” di main atrium The Park Mall Solo Baru, Jumat-Minggu (25/11/2016 – 8/1/2017).
"Main atrium The Park Mall disulap menjadi wahana legoland lengkap dengan legoman, photo booth dan pohon natal untuk semakin memanjakan pengunjung khususnya penggemar lego, " kata Public Relations The Park Mall, Christina Tri Mawarti dalam siaran persnya, Jumat (2/12/2016).  Area legoland sendiri dibagi menjadi empat zona permainan yaitu building zone, play table, display lego dan lego online.
Di area legoland juga dihadirkan pohon natal yang terbuat dari lego dengan tinggi lima meter. "Pohon natal terbagi menjadi delapan tingkat dihiasi tongkat natal dan boneka salju setiap tingkatnya dan yang paling atas adalah bintang lego, " ujar Christina
Hadir juga karakter legoman yaitu manusia lego yang merupakan karakter tokoh lego yang terdapat di The Lego Movie."Pengujung juga dapat menikmati display lego yang merupakan miniatur dari lego island yang disusun dalam maket khusus, berisikan berbagai  miniatur karakter yang terbuat dari lego," kata Christina.Selain lego, selama liburan pengunjung juga dapat menikmati beragam program  lomba maupun aktivitas terkait kreativitas lego. Karakter lego sendiri dipilih selain tengah menjadi trend mainan untuk anak-anak.
 5. ALUN-ALUN SUKOHARJO.
Kepolisian Resor Sukoharjo akan memberlakukan rekayasa dan penutupan arus lalu lintas di sejumlah jalur maupun ruas jalan di dua wilayah lokasi pusat pada malam tahun baru 2017, Sabtu (31/12/2016) mendatang. Dua wilayah tersebut antara lain di sekitar Alun-Alun Satya Negara dan Solo Baru, Grogol.
“Sekitar jam 8 malam rekayasa arus akan dimulai atau sesuai dengan situasi kondisi di lapangan,” kata Kasat Lantas, AKP Finan Sukma Radipta, S.H., S.IK. mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Ruminio Ardano, S.IK. saat dihubungi, Jum’at (30/12/2016).
Finan menjelaskan, rekayasa arus lalu lintas dilakukan untuk mengurai kepadatan pengguna jalan pada malam tahun baru serta menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcar lantas) yang kondusif agar masyarakat dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman.
“Mari jaga keamanan dan kenyamanan Kabupaten Sukoharjo dengan menaati peraturan lalu lintas. Silahkan merayakan tahun baru, tapi taati peraturan lalu lintas,pakai helm sesuai standar SNI, jangan ngebut di jalan, jangan pakai knalpot bising, jangan berbonceng lebih dari dua orang dan jangan pulang lebih dari jam 1 malam,” imbaunya.

Berikut rekayasa pengalihan arus lalu lintas selama malam tahun baru di Sukoharjo:
1. Jalur dari Wonogiri ke Surakarta yang melalui wilayah Sukoharjo Kota dialihkan mulai dari terminal Sukoharjo ke kiri sampai dengan simpang tiga Sritex ke kanan sampai simpang tiga Kejaksaan
2. Jalur dari Sukoharjo ke Wonogiri dialihkan dari simpang tiga Bulakrejo ke kiri melalui rute lingkar luar Sukoharjo Kota
3. Jalur dari Sukoharjo ke Surakarta yang melalui jembatan Bacem ke kiri dialihkan dengan melewati simpang tiga Langenharjo ke kiri sampai simpang tiga SPBU Jlopo ke kanan arah Tanjung Anom
4. Jalur dari Sukoharjo ke Surakarta dapat melalui jembatan Bacem lurus melalui jalan raya Grogol
Sementara, penutupan arus lalu lintas dilakukan sebagai lokasi bebas kendaraan untuk tempat perayaan pergantian malam tahun baru 2017 dan lokasi parkir kendaraan bermotor.
Adapun penutupan arus lalu lintas selama malam tahun baru di Sukoharjo sebagai berikut:
1. Sepanjang jalan Jendral Veteran Alun-alun Satya Negara Sukoharjo
2. Sepanjang jalan Solo Baru, Grogol
3. Sepanjang jalan Ir. Soekarno, Grogol
4. Sepanjang jalan Patung Kuda, Grogol
(Humas Polres Sukoharjo)

6. TAHUN BARU DI KARANGANYAR

   Bagi sobat yang berada di wilayah karanganyar sobat dapat mengunjungi alun-alun karanganyar. 
 Polres Karanganyar menyiapkan tim Satuan Tugas (Satgas) Ganjal Ban untuk mengantisipasi serbuan wisatawan menjelang libur tahun baru kemarin (30/12). Tim tersebut diterjunkan di daerah lokasi wisata seperti Tawangmangu, Ngargoyoso, dan Jenawi.
Kapolres Karanganyar AKBP Ade Safri Simanjuntak melalui Kasubag Pengendalian Operasi AKP Suwarsi menjelaskan, satgas ganjal ban ditempatkan di jalur tanjakan di jalur pariwisata. Tujuannya untuk mengantisipasi dan membantu kendaraan roda dua ke atas jika mogok di tengah jalan tanjakan. Satgas tersebut rutin diterjunkan setiap libur panjang yang dipadati wisatawan.
”Seperti di kawasan Tawangmangu ini selalu ramai wisatawan setiap liburan. Wisatawan meningkat sampai 80 persen dari biasanya,” jelas Suwarsi.
Dijelaskan, satgas ganjal ban tersebut dibekali alat pengganjal ban yang terbuat dari kayu. Mereka bersiaga di jalur tanjakan. Seperti halnya jalan tembus lama di Desa Gondosuli, Tawangmangu. Jalur tersebut masih dilaluiwisatawan yang ingin berlibur ke Jawa Timur. Tak jarang, kendaraan roda empat mogok di tengah jalan.
”Apalagi wisatawan tidak hanya lokal, tapi dari luar daerah cukup banyak. Tak sedikit ada yang belum menguasai medan tanjakan,” imbuhnya.
Jalur wisata yang dinilai cukup terjal adalah jalur menuju Candi Cetho Jenawi, jalur menuju Candi Sukuh Ngargoyoso dan jalur menuju Tawangmangu. Dia menghimbau wisatawan memperhatikan kondisi kendaraannya sebelum berwisata.
7. TAHUN BARU DI WONOGIRI


Pergantian tahun biasanya disambut dengan suka cita. Berbagai bentuk kegiatan mulai dari panggung hiburan, pesta kembang api, hingga doa bersama dilakukan untuk menanti datangnya tahun baru ini. Tak terkecuali malam pergantian tahun yang akan segera kita lewati sebentar lagi.
Pemerintah Kabupaten Wonogiri pun telah mempersiapkan berbagai kegiatan guna memeriahkan suasana pergantian tahun ini. Rangkaian kegiatan ini sebenarnya telah dimulai sejak tanggal 26 Desember yang lalu, bertepatan dengan peluncuran dan peresmian Alun-Alun Giri Krida Bhakti.
Rangkaian acara tersebut dirangkum dalam sebuah pagelaran seni budaya Wonogiri. Diawali dengan pentas seni musik Campursari pada tanggal 26 Desember, lalu diikuti dengan festival kuliner serta musik keroncong pada esok harinya. Setelah itu diselenggarakan pagelaran band SLTA se-Wonogiri, pentas musik “Evergreen Love Song”, dan puncaknya adalah panggung hiburan “Koes Plus Mania” serta pesta kembang api dimalam pergantian tahun.
Kesemua even seni budaya tersebut digelar di alun-alun kabupaten Wonogiri, yang setelah renovasi diperkenalkan dengan nama Alun-Alun Giri Krida Bhakti. Khusus malam tahun baru akan diberlakukan “car free night” disekitar alun-alun, jadi siap-siap saja untuk jalan kaki jika ingin melintasi kawasan tersebut.

8. TAHUN BARU DI SRAGEN

Tahun Baru 2017 Di Sragen. Malam pergantian Tahun Baru menjadi sesuatu yang sangat di nantikan bagi Anak-anak muda untuk merayakan bersama teman-temanya untuk sekedar nongkrong sambil menunggu detik-detik malam pergantian Tahun Baru, Bahkan mereka rela berdesak-desakan ditengah kemacetan di pusat keramaian dengan motornya.
Di setiap daerah berbeda-beda cara menyambut pergantian tahun baru, Seperti di Kabupaten Sragen biasanya malam pergantian tahun baru berpusat di Alun-alun Kota Sragen, Jl Raya Sukowati menjadi saksi malam tahun baru, Ribuan orang berkumpul sambil menikmati hiburan musik yang di adakan oleh Pemerintah setempat di Lapangan Alun-alun.

Kirab Budaya yang biasanya di adakan oleh Pemda Sragen menghibur para pengunjung yang sudah mulai memadati dari Kompleks Kantor Pemkab Sragen lalu ke barat sampai di Pos Polisi Lalu Lintas Kota. Biasanya kirab budaya tersebut akan berakhir di Pendapa Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Tetapi hingga berita ini diturunkan belum ada informasi acara kirab budaya yang seperti dilakukan pada 2015 lalu.
Tetapi biasanya dalam kirab budaya ini, Jl Sukowati steril dari kendaraan bermotor, Jadi para pengunjung harus berjalan kaki untuk menuju pusat diselenggarakan acara kirab budaya dan event live musik. Ribuan kembang api sudah disiapkan oleh Pemda Sragen yang akan dinyalakan tepat pada pukul 00:00 Wib.
Sementara itu pihak kepolisian lalu lintas akan mengatur rute yang dilintasi oleh para peserta kirab, Sementara untuk kendaraan akan di alihkan melalui ring road selatan, Dari arah timur biasanya akan dialihkan mulai dari terminal lama.

9. TAHUN BARU DI KLATEN

Musik Reggae Meriahkan Tahun Baru Di Klaten. Malam pergantian tahun dari 2016 ke 2017 seakan-akan menjadi pesta bagi seluruh lapisan masyarakat di Indonesia bahkan hingga Dunia, Tak hanya kota-kota besar saja yang turut menyemarakkan acara pergantian tahun tersebut, Tetapi kota-kota kecil di Jawa Tengah seperti Solo, Sragen, Boyolali dan Klaten juga turut menyambut acara pergantian tahun tersebut.
Di kota Klaten sendiri melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Klaten juga akan mengelar rangkaian acara hiburan untuk memeriahkan acara pergantian tahun tersebut, Rencana yang sudah di sepakati jauh-jauh hari tersebut bakalan di pusatkan di Alun-alun Kota Klaten, Jl Pemuda Tengah Klaten.

Acara hiburan yang akan di gelar di Alun-alun Klaten tersebut akan di hibur oleh band Reggae asal Jawa tengah, Selain musik Reggae, Nantinya juga akan di hibur penampilan band Pop, Rock serta Tembang Kenangan, Kemungkinan dalam acara yang digelar di Kota Klaten ini hanya akan berpusat di Alun-alun Kota Klaten saja, Jadi tidak seperti di Kota Solo dan Boyolali yang digelar dalam beberapa titik arena pertunjukan.
Sementara itu, Pada puncak malam pergantian tahun dan juga sebagai penutup rangkaian acara akan dinyalakan ratusan kembang api yang sudah disiapkan oleh Pemda Klaten, Dalam sela-sela acara nantinya juga ada pengenalan tentang obyek wisata yang ada di Kota Klaten, Kebetulan malam Tahun Baru tersebut Bertepatan dengan hari libur sekolah, Sehingga kemungkinan banyak warga yang dari luar daerah Kabupaten Klaten
10. TAHUN BARU DI BOYOLALI
 Acara Tahun Baru Di Boyolali, God Bless Bakal Tampil Alun-alun Kabupaten Boyolali. Cultureindo.com –  Acara Malam Tahun Baru di Boyolali. Jelang pergantian tahun baru 2016/2017, Pemda Kabupaten boyolali akan menghibur masyarakat Boyolali di beberapat titik pusat keramaian, Pemda Boyolali menggelontorkan dana sekitar Rp1,87 miliar untuk aneka pertunjukan yang dilaksanakan pada bulan desember hingga pergantian tahun


Itulah beberapa referensi acara tahun baru diwilayah SoloRaya semoga bermanfaat bagi sobat dan Solamat Tahun Baru 2017 sobat..

No comments:

Post a Comment