Translate

Friday 16 December 2016

MENGENAL KALEDUPA KAPAL SELAM TANPA AWAK BUATAN INDONESIA

 MENGENAL KALEDUPA KAPAL SELAM MINI TANPA AWAK BUATAN INDONESIA

Indonesia saat ini memang sedang menggalakkan pengadaan alutsista untuk menjaga keutuhan dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) Hal itu membuat Pt. Robo Marine dan Loka perekayasaan Teknologi Kelautan (LPTK) berinovasi membuat sebuah kapal selam tanpa awak hal ini jelas menunjukan keseriusan lembaga pemerintah dalam melindungi NKRI.

 Pada 11 Desember 2016 telah dilakukan ujicoba Kapal Selam Tanpa Awak yang diberi nama "Kaledupa" dilakukan oleh Kementerian Pertahanan RI didukung oleh PT Robo Marine dan Loka Perekayasaan Teknologi Kelautan (LPTK) Balitbang KP di Wakatobi, tepatnya di spot Sombu Dive Desa Sombu dan Perairan Shark Poin Kelurahan Wandoka Utara. Kegiatan Uji Coba menggunakan Kapal Mantalinga milik LPTK Balitbang KP.
Target yang diujikan adalah Kapal Selam bisa dioperasikan pada kedalaman 150 meter, dengan target bisa mendeteksi obyek (pinger) beruba kotak hitam (black box). Uji laut kapal tanpa awak tersebut terbilang sukses, yakni dapat beroperasi di kedalaman yang ditargetkan dengan berbagai variasi jarak pinger. Kapal tanpa awak tersebut dioperasikan melalui display yang dikontrol dari dalam kapal melalui sambungan kabel.

Adapun spesifikasi Kapal Selam Tanpa Awak tersebut, yakni:  
Sensors:
- 1 axis Magnetometer
- 1 axis Gyro
- Pressure Sensor
- 3 position TFCLD
Power:
Electric : 1000 watts

Thrusters & Lighting:
- 3 unit @ 7 kgf thrust thrusters
- 2 unit @ 50 Watt Halogen Lamp

Station:
- High Brightness LCD Displa
- Leak indicator
- Ground Fault Detection
- 3 axis joystick
- Video Recording

Camera:
- Outboard HD Camera
- 120 Deg Tilted Forward Sony CCD Camera 570 lines
- Backward Looking Color CCD Camera 420 lines

Physical Properties:
Dimension              : - Lenghth: 576 mm
                                  - Width: 460 mm
                                  - Height: 420 mm
Weight in Air          : 12 kg
Opt. Depth             : 100 m
Speed                     : 3 Knots

Kelebihan alat ini adalah dapat membantu mengumpulkan informasi di dalam laut pada kedalaman sekitar 100 m, bagi para penyelam maupun para peneliti tentu sangat mempermudah untuk mengeksplorasi obyek-obyek dalam laut. Selain itu, yang membanggakan adalah alat ini diproduksi di dalam negeri oleh anak-anak muda yang penuh dengan talenta riset dan engineering yang luar biasa.

No comments:

Post a Comment