Translate

Thursday 20 April 2017

Kapal Perang Filiphina SSV BRP Davao Del Sur Buatan Indonesia Siap Dikirim

Kapal Perang Filiphina SSV BRP Davao Del Sur Buatan Indonesia Siap Dikirim Dalam Waktu Dekat.

Kapal strategic sealift vessel (SSV) kedua – BRP Davao Del Sur (LD-602) – pesanan Angkatan Laut Filipina kini dinyatakan sudah rampung pembuatannya.
Kapal SSV tinggal menunggu tim Pre-Delivery Inspection (PDI) dari Angkatan Laut Filipina yang akan memeriksa kualitas dan kelayakan kapal SSV, dan apabila dinyatakan tidak ada masalah, kapal SSV bisa langsung dikirimkan ke Filipina.
SSV kedua BRP Davao Del Sur dijadwalkan sudah dapat berlayar ke Filipina pada minggu pertama bulan Mei dan diharapkan sudah tiba pada minggu kedua bulan Mei.

BRP Davao Del Sur sudah diluncurkan pada 29 September lalu, dan bagi Filipina kedua kapal SSV merupakan kapal perang terbesar dan terbaru yang dimilikinya.
Sama seperti kembarannya BRP Tarlac, SSV terbaru ini akan difungsikan sebagai kapal komando dan kontrol terapung, kapal anngkut dan transport pasukan dan peralatan militernya, selain itu SSV juga dapat difungsikan sebagai kapal logistik dan bantuan kemanusiaan untuk penanggulangan bencana alam yang kerap melanda Fipina.
Kapal SSV memiliki panjang keseluruhan 120 meter, lebar 21 meter dan ketinggian lima meter, selain itu SSV dapat membawa muatan hingga 2.800 ton, memiliki kecepatan jelajah 13 knot dan kecepatan maksimum 16 knot dengan jangkauan operasi hingga 7.500 mil laut.

Spesifikasi umum SSV :
Panjang = 123,0 meter
Lebar = 21,8 meter
Sarat Air = 5 meter
Bobot = 7.200 ton
Jarak = 9.360 nM
Daya angkut = 621 orang
Kecepatan max = 16 knots
Klas = Llyod Register.

Melengkapi Armada AL Filiphina Setelah Indonesia Mengirimkan Kapal Pesanan Pertama.

Kapal Ini adalah jenis kapal yang bisa digunakan untuk misi-misi pendaratan amfibi di pantai, termasuk untuk pendaratan kendaraan tempur darat. Kapal ini juga bisa dipakai untuk misi non tempur seperti SAR, bantuan obat-obatan, dan penanggulangan bencana.
Kapal pertama, BRP Tarlac (LD-601), mulai dibuat pada Januari 2015 dan diluncurkan pada Januari 2016. Sedangkan kapal kedua mulai dibangun pada Juni 2015. Rencananya, kapal kedua akan dikirim ke Filipina pada pertengahan 2017.
Direktur Produksi PAL Indonesia, Edi Widarto menambahkan, kapak SSV pertama sendiri saat ini sudah mengandung komponen lokal mencapai 30%. Diharapkan, ke depan konten lokal yang digunakan bisa meningkat hingga 35%.
Spesifikasi teknis
Tarlac Class SSV adalah turunan dari kapal Kelas Makassar milik TNI (yang dibuat oleh Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME)). SSV memiliki panjang total 123 m, dan lebar 21,8 m. Panjang tegak lurus kapal mencapai 107,5 m. Berat standar mencapai 7.000 ton dan total muatan mencapai 11.538 ton.
Kapasitas kargo
Kapal ini bisa memuat empat tank, empat truk, dan dua kendaraan tempur ringan. Selain itu, kapal ini juga mampu memuat dua landing craft utility (LCU) atau landing craft vehicle personnel (LCVP) serta dua perahu karet.
Di bagian depan, dek dapat membawa dua helikopter berukuran medium. Itu belum termasuk hangar untuk menyimpan sebuah helikopter. SSV mampu mengangkut 121 kru dan 500 marinir bersama perlengkapan mereka.
Senjata
Persenjataan utama di depan kapal ini adalah senapan 76 mm. SSV juga dipersenjatai dua senapan 25 mm menghadap buritan.
Radar dan sistem komunikasi
SSV menggabungkan radar navigasi, radar permukaan, radar pencari di udara, dengan sistem kendali elektro-optis untuk persenjataan utama. Sistem radar ini dibuat oleh EID atas pesanan DSME dan PT PAL pada Juni 2015.
Sistem ini dilengkapi sistem kendali komunikasi terintegrasi atau integrated communications control system (ICCS) dan sistem radio Harris VLF-HF serta V/UHF. ICCS merupakan sistem yang dipakai lebih dari 130 kapal di seluruh dunia.
Penggerak

SSV digerakkan oleh mesin disel dan sistem propulsi yang digabungkan dengan dua mesin MAN 9L28/32A medium-speed engines. Setiap mesin baling-baling ini menghasilkan tenaga 2,920kW. Kecepatan maksimum mencapai 16 knot dan dapat terus beroperasi maksimal 30 hari.
Dari spesifikasi BRP Tarlac diatas terlihat bahwa tidak jaug beda spesifikasinya dengan kapal yang kedua ini yakni BRP Davao Del Sur.

No comments:

Post a Comment