Translate

Saturday 19 November 2016

WISATA TRANSPORTASI SOLO KERETA UAP KUNO SOLO BERTAMBAH



KOTA SOLO KEMBALI MILIKI KERETA UAP KUNO KE-2 YANG MEMILIKI SEJARAH BESAR.


Kota Solo saat ini sudah dilintasi oleh kereta api wisata Sepur Kluthuk Jaladara. Untuk diketahui,PT KAI mengirimkan kereta api uap dengan nomor lokomotif D52099 dari museum transportasi Taman Mini Indonesia Indah kamis(17/11/16). Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika kota Solo, Yosca Herman Soedrajat, mengemukakan pengelolaan kereta uap akan dilakukian oleh Pemerintah Kota Solo.
   Wali Kota Solo F.X Hadi Rudyatmo, berharap dengan bertambahnya kereta uap di Kota Solo diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan domestik maupun asing untuk datang ke Kota Solo, ia menyampaikan kereta uap yang ada di Solo adalah kereta yang unik karena melintasi rel tengah kota yang hanya ada di Solo atau yang satu-satunya diindonesia. Selain kereta uap Kota Solo juga telah memiliki wisata transportasi yang sangat lengkap karena di Solo telah ada kereta uap Jaladara, Kereta Railbus Batara Kresna(Solo-Sukoharjo-Wonogiri), Bus tingkat Werkudara,dll.
\

SEJARAH LOKOMOTIF D52099
Kereata uap yang dibawa ke Solo merupakan kereta uap yang sangat bersejarah karena lokomotif pernah melintasi Jakarta-Yogyakarta dalam  pemindahan ibukota Indonesia, Bung Karno sebagai presiden waktu itu menaiki loko buatan fried krupp Jerman tahun 1951-1955 yang tercatat lokomotif pertama yang dimiliki Indonesia setelah kemerdekaan, kedepan kereta uap ini akan beroperasi di Kota Solo sebagai pendamping Sepur Kluthuk Jaladara yang telah beroperasi sejak lama.

   Rencananya Kota Solo akan memiliki 3 lokomotif uap kono dimana 2 telah berada di Solo dan 1 akan didatangkan pada akhir November ini dengan nomor lokomotif D1410. Ayo sobat kita berwisata di Solo

No comments:

Post a Comment