Translate

Tuesday 15 November 2016

DERETAN PANSER KENDARAAN MILITER TANGGUH DAN CANGGIH BUATAN INDONESIA



DAFTAR PANSER KENDARAAN MILITER TANGGUH BUATAN ANAK BANGSA YANG SANGAT MENDUNIA, BANGGA MENJADI ANAK INDONESIA.


Siapa yang tidak kenal dengan Pt.Pindad(Persero) yang memproduksi beragam peralatan berat baik militer maupun sipil yang bermarkas di bandung ini, akhir-akhir ini Pindad menjadi sorotan dunia bagaimana tidak karena siapa yang menyangka kalau perusahaan asal indonesia ini dapat membuat sendiri Panser yang tangguh bin canggih. Bahkan panser buatan Pindad juga telah merambah pasar ekspor sebut saja Filiphina,Malaysia,Arab,Korea,Oman,Brunei dan masih banyak lagi yang mengakui keunggulan produk asli anak bangsa ini, dan TNI juga telah menggunakan panser buatan Indonesia ini ke misi perdamaian dibawah naungan PBB, lalu apa saja panser buatan Pindad yang disegani dunia

1.PANSER ANOA 


Merupakan kendaraan militer lapis baja buatan PINDAD Indonesia, kendaraan ini dipergunakan untuk mengangkut personel atau dikenal dengan nama APC. Nama ANOA sendiri diambil dari nama hewan Khas sulawesi. Purwarupa pertama kali diperlihatkan kepublik pada ulang tahun ke-61 TNI pada 5 oktober 2006 di mabes TNI,cilangkap. Perlindungan yang diberikan pada rangka ANOA memiliki tingkat STANAG 3 yang berarti bisa menahan peluru kinetis 7.26x51 mm armor piercing standar NATO dari jarak 30 m dengan kecepatan 930m/s serta bisa menahan ledakan ranjau hingga massa 8 kg. Persenjataan ANOA  menggunakan senapan mesin berat kaliber 12,7 mm dan 7,62mm, dll, bahkan anoa yang terbaru akan menggunakan persenjataan jenis RCWS.


2.PANSER BADAK

Panser yang membawa Canon 90mm yang merupakan buatan anak bangsa telah lulus melakukan uji coba, nama BADAK sendiri diberikan oleh wakil presiden Indonesia Jusuf Kala saat melakukan kunjungan di pameran alutsista internasional (indo-defance) 2014 di JIExpo Jakarta, panser ini telah banyak dipesan oleh berbagan negara didunia.
3.PANSER KOMODO

Nama Komodo pada rantis ini diberikan langsung oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 10 november 2012. Rantis ini berfungsi sebagai kendaraan taktis yang mampu menempuh segala medan berat baik itu jalan berlumpur, berpasir,serta berbukit-bukit. Hal tersebut ditunjang dengan kemampuan komodo yang dapat menerjang tanjakan 31 derajat dan kemiringan sisi 17 derajat. Spesifikasi komodo menggunakan sistem penggerak ban 4x4, mesin komodo sendiri memiliki kapasitas 5.193cc, kendaraan ini juga telah dilengkapi dengan body dan kaca anti peluru. Komodo juga mendukung pemasangan senjata RCWS.

4.BUSHMASTER SANCA PINDAD

PINDAD secara resmi meluncurkan kendaraan terbaru bernama sanca yang digelar di indo-defence 2016, Sanca merupakan kendaraan lapis baja antiranjau pertama buatan Indonesia dan varian terbaru dari kendaraan tempur Anoa, Sanca berguna untuk mendukung operasi militer, didesain untuk bertahan dari berbagai profil misi bahkan mampu memadukan ledakan tinggi dan perlindungan balistik dengan mobilitas off road luar biasa.

Mungkin hanya itu yang dapat saya poskan mari kita bangga akan produk-produk buatan dalam negeri yang tentu saja tak kalah dengan produk luar negeri. Bangga menjadi anak Indonesi. NKRI jaya..

No comments:

Post a Comment