Translate

Thursday 10 November 2016

INILAH KAPAL PERANG BUATAN INDONESIA YANG MENDUNIA, KITA WAJIB BANGGA

BERIKUT INI DAFTAR KAPAL PERANG CANGGIH BUATAN PT.PAL SURABAYA HASIL KARYA ANAK INDONESIA, KITA WAJIB BANGGA!!!....

Jalasveva Jayamahe (Di laut kita jaya)
pt.Pal Surabaya merupakan salah satu perusahaan perkapalan diindonesia yang telah menghasilkan produk-produk unggulannya bahkan pasarnya bukan hanya dari dalam negeri namun telah banyak negara didunia yang mengakui keunggulan produk kapal asli buatan anak bangsa ini diantara produk-produk tersebut Pt,PAL telah menghasilkan kapal berbagai jenis dianntaranya adalah kapal dagang,kapal perang, kapal ekspedisi,dll.berikut ini beberapa kapal perang asli buatan indonesia yang mengagumkan dunia:

1.KRI Banjarmasin (592)

kapal ini merupakan kapal jenis LPD (Landing Platfont Dock) buatan indonesia, kapal ini dibuat untuk mendukung operasi amfibi, yang memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat beserta alutsista dan kelengkapannya,kapal yang berteknologi desain semi-siluman ini juga berfungsi untuk operasi kemanusiaan serta penanggulangan bencana alam

2.KRI Banda Aceh (592)

KRI Banda Aceh (593) adalah salah satu jenis kapal Kapal Perang Republik Indonesia bertipe Landing Platform Dock yang pembuatannya dilakukan PT PAL di Surabaya dan mulai beroperasi Maret 2011. Kapal ini memiliki kapasitas angkut total sebanyak 344 personel, tiga unit helikopter jenis Mi-2/Bel 412 di deck dan dua di hangar, dua unit LCVP, tiga unit howitzer dan 21 tank dengan luas LPD 125 meter persegi. Kapal Landing Platform Dock 125 meter kapal ke-4 ini dirancang secara khusus untuk mampu dipasang senjata 100 mm dan dilengkapi dengan ruang CIC untuk sistem kendali senjata (Fire Control System) yang memungkinkan kapal mampu melaksanakan self defence dengan komunikasi kapal ke kapal kombatan untuk melindungi pendaratan pasukan dan kendaraan taktis serta tempur untuk pengendalian pendaratan helikopter.
Kapal dibangun dengan kelas Loyd Register + 100A1 dan menggunakan konstruksi lambung ganda (double bottom). Untuk memudahkan manuver, kapal dilengkapi bow thruster yang berfungsi memecah gelombang. Untuk mengoperasikan kapal, mesin dapat dioperasikan dari ruang kontrol dan bisa langsung dari ruang mesin, serta dilengkapi peralatan rumah sakit darurat dan bisa difungsikan untuk pertolongan pertama. Kapal LPD 125 meter tersebut didesain untuk memenuhi tugas operasi TNI AL, di antaranya untuk Landing Craft Carrier, yakni Landing Craft Unit 23 m, pendaratan pasukan, operasi amfibi, tank carrier, combat vehicle 22 unit, tactical vehicle 13 unit, total embarkasi 507 personel termasuk troop carrier 354 troop, kru, tamu, dan officer. Selain itu, operasi kemanusiaan dan penanggulangan bencana, serta mampu berlayar selama 30 hari secara terus-menerus .

3.KRI R.E MARTADINATA (331)

Alamak Jang, cantik sekali kapal ini. Body-nya ramping, minimalis dan futuristik. KRI RE Martadinata sudah dikeluarkan dari dry-dock, untuk mulai uji laut. Ini adalah salah satu Light Frigate TNI AL yang dirakit di PT PAL, Surabaya dan segera rampung.
Tidak salah jika PT PAL memilih Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS), Belanda, sebagai partner dalam membuat kapal perang. Kapal buatan DSNS memang mantap Bro. Tampaknya semua isi kapal telah mereka perhitungkan dengan matang. Tata Ruang rapih dan penuh guna. Itulah pengalaman saya saat naik kapal DSNS, KRI Hasanuddin ke Anambaas Kepulauan Riau.
4.KRI KUJANG
 Hasil gambar untuk gambar kri kujang
 KRI Kujang adalah Kapal Perang Republik Indonesia bertipe Kapal Cepat Rudal yang pembuatanya dilakukan PT Palindo di Batam . Menhan berjanji akan terus membangun kapal-kapal perang seperti KRI Kujang yang 100% pembuatannya di lakukan di PT Palindo Marine Industries, Tanjunguncang, Batam. KRI Kujang (642) merupakan kapal pemukul reaksi cepat yang dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula. Kapal berukuran panjang 44 meter, lebar 7,40 meter, dan berat 250 ton ini memiliki sistem pendorong handal yang mampu berlayar dan bermanuver dengan kecepatan 30 knot 
5.KRI CLURIT

 KRI Clurit adalah Kapal Perang Republik Indonesia bertipe Kapal Cepat Rudal yang pembuatannya dilakukan PT Palindo di Batam . Menhan berjanji akan terus membangun kapal-kapal perang seperti KRI Clurit yang 100% pembuatannya di lakukan di PT Palindo Marine Industries, Tanjunguncang, Batam. KRI Clurit (641) merupakan kapal pemukul reaksi cepat yang dalam pelaksanaan tugasnya mengutamakan unsur pendadakan, mengemban misi menyerang secara cepat, menghancurkan target sekali pukul dan menghindar dari serangan lawan dalam waktu singkat pula. Kapal berukuran panjang 44 meter, lebar 7,40 meter, dan berat 250 ton ini memiliki sistem pendorong handal yang mampu berlayar dan bermanuver dengan kecepatan 30 knot. 
6.KAPAL SELAM CHANGBOGO 3
 
Ada hal unik pada kapal selam ketiga yang akan dibangun di Indonesia. Dari brosur di laman DSME, terlihat kapal selam ketiga yang bernomor lambung 405 yang kemungkinan akan diberi nama KRI Nagarangsang ini memiliki panjang yang berbeda dari dua kapal selam yang di bangun Korea Selatan.
Panjang yang berbeda ini kemungkinan untuk pemasangan modul Air Independent Propulsion (AIP). Sekedar diketahui kapal selam sejenis, yakni kapal selam Poseidon miliki ANgkatan Laut Yunani (Type 209/1200) memasang modul AIP Polymer Electrolyte Membrane (PEM) system 120 kW buatan Siemens yang panjangnya 6 meter.
Kapal selam ketiga akan di bangun sendiri oleh tenaga ahli dari Indonesia di galangan PT PAL di Surabaya, tapi dengan penambahan modul AIP kemungkinan pembangunan kapal selam ketiga masih harus mengikutsertakan tenaga ahli dari Korea Selatan.
Dan dengan pemasangan sistem AIP ini jelas akan mendongkrak ketahanan daya selam KRI Nagarangsang hingga 3 minggu tanpa snorkeling ataupun tanpa harus sering muncul kepermukaan yang bisa membocorkan keberadaan kapal selam dari deteksi musuh.
Jika Indonesia berhasil membangun kapal selam Chang Bogo dan mencangkokkan sistem AIP kedalamnya. Ini akan menjadi prestasi yang luar biasa dan akan mendongkrak kemampuan kekuatan bawah laut Indonesia, terutama kekuatan satuan Hiu Kencana TNI AL.
Putra-putra terbaik Indonesia pembangun kapal selam Chang Bogo harus bisa membuktikan, bahwa Chang Bogo bukanlah kapal selam ‘anjing kampung’ yang inferior, tapi sebuah kapal selam ‘Cheetah’ yang kekuatannya tidak bisa diprediksi lawan.

Mungkin hanya itu yang bisa saya poskan sebenarnya masih ada lagi kapal perang buatan anak bangsa yang tak kalah canggih dengan buatan luar negeri. Ayo cintai produk Indonesia, Jayalah TNI ku

No comments:

Post a Comment