Translate

Saturday 29 October 2016

PESAWAT TANPA AWAK BUATAN INDONESIA "MENEMBUS LANGIT"

PESAWAT TANPA AWAK BUATAN INDONESIA BERHASIL MENEMBUS LAPISAN STRATOSFER...WOWW!!!...

 Masih dalam semangat Sumpah Pemuda Kali ini putra putri bangsa kembali mengharumkan nama indonesia melalui Lembaga Penerbangan Dan Antariksa Nasional (LAPAN).Siapa yang mengira bahwa saat ini Bangsa Indonesia telah berhasil membuat dan menguji pesawat tanpa awak buatan anak bangsa sendiri bahkan keren nya pesawat ini telah bisa menembus lapisan Stratosfer Bumi. Tak heran bila pesawat Ai-X1 mendapat rekor MURI sebagai pesawat tanpa awak buatan Indonesia pertama yang dapat mencapai lapisan Stratosfer.
Ekspedisi bertajuk "Menembus Langit" langsung menjadi trending topik nasional. Ekspedisi ini merupakan percobaan peluncuran Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau pesawat tanpa awak dengan kemampuan HALE (High Altitude Long Endurance) buatan Indonesia ke lapisan stratosfer. Ekspedisi akhirnya dilakukan oleh AeroTerrascan, LAPAN, serta sejumlah pihak lain hari ini, Sabtu, 29 Oktober.


Peluncuran dilaporkan secara live melalui Twitter @MenembusLangit. "LIVE on #Periscope: Menembus Langit: Lepas Landas 2," tulis mereka melaporkan proses peluncuran (29/10). "Menurut laporan dari site pameungpeuk, pesawat Ai-X1 telah mendarat dan sekarang sedang menunggu update lanjutan. #MenembusLangit."

Sebelumnya, ekspedisi telah melalui fase uji terbang (trial flight) pada 27 Agustus lalu di Area Pelatihan Lembaga Antariksa dan Penerbangan Indonesia (LAPAN), Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat.

Valencia Mega Luwinda Stefany, Lead Public Relations Menembus Langit, mengatakan uji terbang yang sudah dilakukan membuktikan bahwa sistem autopilot dan fungsi ulang alik UAV Ai-X1 berjalan baik. "Harapan jangka panjang terkait pengembangan teknologi aeronautika adalah membuaat UAV jenis HALE (High Altitude Long Endurance)," sebut Valencia.

No comments:

Post a Comment