Translate

Wednesday 5 October 2016

HUT KE-71 TNI BEBERAPA FAKTA TENTANG TNI KITA


Peringatan HUT TNI ke-71 tahun 2016 ini mengambil tema 'Bersama Rakyat TNI Kuat, Hebat, Profesional, siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, Mandiri dan berkepribadian'.
Kepala Staf Korem 033 Wira Pratama, Kolonel Inf. Faharuddin mengatakan bahwa tema tersebut Memiliki makna TNI tumbuh dan berkembang bersama rakyat dan merupakan ciri kesejatian TNI kepada Rakyat.
"Terus tumbuhkembangkan jiwa dan semangat tersebut serta seleraskan pula dengan tumbuh kembang masyarakat. Bersama masyarakat TNI kuat dan ini Merupakan bentuk aplikasi bahwa TNI akan terus memberikan sumbangsihnya kepada rakyat bangsa dan negara," ujar Faharuddin saat menjadi Irup dalam amanatnya.
Faharuddin mengatakan bahwa perintah dari Pusat pada perayaan HUT TNI tahun ini tidak lagi Tidak terpusat dengan menghadirkan defile, parade maupun alutsista dari TNI, tetapi disebar dimasing-masing daerah, digelar secara sederhana namun tanpa mengurangi makna dari peringatan itu sendiri juga dipadukan dengan pertunjukan seni yang menonjolkan kearifan lokal budaya masing-masing daerah.
FAKTA FAKTA TNI
 

1.Pendaki Pertama dari Asia Tenggara yang Menaklukkan Gunung Everest

 

Orang Indonesia pertama yang mampu mendaki puncak tertinggi dari Gunung Everest bernama Asmujiono. Ia adalah salah satu anggota Koppasus milik TNI Angkatan Darat. Sekitar tahun 1996, anggota Koppasus ini mampu menancapkan Merah Putih dengan gagah di puncak tertinggi di dunia itu. Ia bahkan tak bisa mengucapkan apa-apa saking bahagianya mampu mendaki puncak tertinggi itu dengan susah payah.

2.Juara Umum Lomba Tembak Antar Negara

 

Semua orang pasti menjagokan Amerika sebagai negara yang unggul dalam hal militer. Namun hal itu akhirnya kandas saat pasukan TNI mengalahkan negara hebat ini dalam AASAM 2015 di Australia. Saat kompetisi ini terjadi Indonesia mampu menyabet 30 medali emas, 16 perak, dan 10 perunggu. Sementara itu pasukan dari Amerika hanya mendapatkan 4 medali emas, Inggris 3 emas, dan Australia 5 emas. Dan di tahun 2016 indonesia berhasil memenangkan kejuraan itu sehingga selama 12 kali berturut-turut TNI menjuarai kejuaraan tersebut yang membuat bangga lagi tentu adalah senjata yang digunakan para prajurit TNI ini adalah produk Dalam Negri yaitu SS2 Buatan Pt.Pindad Indonesia

3.Latihan Keras adalah Modal Segalanya

 

Banyak yang mengira jika Indonesia tidak bisa melakukan apa-apa dalam perang. Namun dugaan ini dibalik hingga 180 derajat oleh pasukan TNI yang berhasil menduduki peringkat 2 dalam lomba Sukses Aksi Militer. Lomba ini diikuti oleh pasukan-pasukan elite dari banyak negara di dunia. Lomba yang diadakan dalam even ini meliputi intelijen, pergerakan, penyusupan dan penindakan.

4.Masuk ke Dalam Jajaran Pasukan Elite Dunia

 

TNI memiliki pasukan khusus yang salah satunya bernama Koppasus atau Komando Pasukan Khusus. Pasukan ini adalah pasukan utama yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat dengan kemampuan tempur hebat saat di daratan. Satu anggota dari Koppasus ini setara dengan 8 orang anggota TNI. Atau gampangnya, satu orang anggota Koppasus bisa melawan 8 orang sekaligus.

5.Paling Banyak Mengirim Pasukan Untuk PBB

 

Indonesia telah dipercaya oleh PBB untuk mengirimkan Kontingen Garuda-nya ke negara-negara konflik di Eropa. Bahkan sejak tahun 1957 hingga sekarang, pasukan ini terus aktif jika sewaktu-waktu PBB membutuhkan pasukan agar negara-negara yang berkonflik mampu dijaga dengan baik.

6.PENYELAMATAN KORBAN PESAWAT AIRASIA

 seorang prajurit TNI berdoa sebelum melakukan penyelamatan korban didepan pesawat CN235 buatan indonesia

Operasi pencarian AirAsia QZ8501 jurusan Surabaya-Singapura yang jatuh di selat Karimata, awal tahun lalu juga menjadi perhatian dunia. Tak terkecuali dengan keberanian dan kenekatan para penyelam TNI AL. 

Saat itu para penyelam gabungan TNI AL begitu berani menyelam mencari puing-puing dan korban AirAsia meski kondisi laut sangat ganas. Ombak begitu besar, begitu pula arus bawah yang kuat. Belum lagi, lautan tersebut begitu dalam. 

Salah satu perwira AL Amerika Serikat (Navy) Lieutenant Commander US Navy, Greg Adams geleng-geleng kepala melihat aksi TNI AL.

Adams menganggap pasukan penyelam elite TNI AL sangat crazy. “Katanya penyelam kamu gila, menyelam dengan kondisi seperti itu (buruk)," kata Danlanal Banjarmasin Kolonel (P) Haris Bima usai berbincang dengan Adams. Di pencarian ini yang membuat kita semua bangga adalah TNI menggunakan pesawat,Helicopter,Kapal,dan robot Kapal selam yang sebagian besar adalah prodok buatan 

indonesia
DIRGAHAYU TNI SEMOGA KEDEPAN LEBIH BAIK LAGI DALAM MENJAGA KEUTUHAN NKRI
#NKRIHARGAMATI

No comments:

Post a Comment